Sumur Untuk Negeri

Sumur Untuk Negeri


Terkumpul
Rp 133.652.628 dari Rp 1.200.000.000

471 Hari Lagi

Penggalang Dana :

  explore!
Identitas Lembaga Terverifikasi

Bagikan program ini melalui :

Menyusut debit airnya karena urugan proyek jalan tol

Tidak pernah terbayangkan oleh warga Kampung Cisoka Bubuara sebelumnya kalau kampung yang selama ini melimpah air bersihnya dari sumber mata air yang mengaliri sungai-sungai lingkungan tempat mereka tinggal kini menyusut debit airnya dan tidak lagi jernih karena urugan atau timbunan proyek jalan tol. Kini warga harus menempuh perjalanan lebih jauh untuk mencari sumber mata air lain dengan membawa jerigen atau memanfaatkan air musim hujan yang mereka tadah di toren-toren penampungan. 

Warga kampung Bubuara menunjukan pipa saluran air yang tidak lagi terpakai.

Sejak tahun 1975 Pondok Pesantren Mathla'ul Khaer Cintapada hanya memanfaatkan aliran air selokan untuk kebutuhan mandi, cuci dan wudhu santri-santrinya. Karena air yang tidak layak tersebut, tidak sedikit santri yang mengalami penyakit kulit karena menggunakan air tampungan dari aliran selokan.

Salasatu aktivitas santri berwudhu dengan menggunakan air penampungan.

Jangan biarkan saudara kita menggunakan lagi air yang terkontaminasi dan tidak layak guna!

Imam adz-Dzahabi pernah mendengar Ibnu Syaqiq berkisah tentang sosok Ibnul Mubarak. Kisah ini terdokumentasikan dalam kitab Siyar A'lam an-Nubala', (8/408)

Ibnu Mubarak pernah didatangi oleh seorang laki-laki. Laki-laki itu mengeluhkan perihal luka di lutut yang tak kunjung sembuh. Padahal sudah berlalu tujuh tahun.

Laki-laki itu telah berusaha mengobatinya dengan berbagai cara. Resep yang diberi oleh para dokter sama sekali tak berefek.

Setelah mendengar keluhan laki-laki tersebut, Ibnul Mubarak pun memberi saran.

Pergilah. Galilah sumur di lokasi yang penduduknya sangat membutuhkan air. Aku harap sumur itu memancarkan air dan menghentikan darah luka di lututmu."

Laki-laki itu pun segera melaksanakan saran Ibnul Mubarak. Dan luka dilututnya pun sembuh—dengan izin Allah 'Azza wajalla.

Orang-orang baik, mari bantu alirkan air bersih lewat kebaikanmu. Silakan salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

  1. Klik SEDEKAH SEKARANG
  2. Masukan nominal sedekah terbaikmu
  3. Pilih metode pembayaran lalu transfer ke nomor rekening yang tertera
  4. Dapat laporan via email atau whatsapp

Jangan lupa bagikan pula halaman galang dana ini agar lebih banyak doa dan bantuan yang terkumpul.

Disclaimer: Implementasi program bisa berubah sesuai dengan kondisi di lapangan, kami memohon keikhlasan para donatur bila dana yang disedekahkan dialihkan untuk program kemanusiaan lainnya sesuai dengan perkembangan kondisi di lapangan.